Tutorial fotografi newbie part 1 Pilih kamera mu !

Tutorial fotografi newbie part 1

Pilih kamera mu !

Ok… Yang paling dibutuhkan untuk hobi yang satu ini yang paling utama merupakan “NIAT” dan baru yang kedua adalah kamera… Kenapa ? Karena ada beberapa penggemar fotografi yang akhirnya “menyerah” menekuni hobinya karena kamera yang kurang “mumpuni” disini yang paling penting adalah “niat” dengan niat yang cukup kamera apapun akan “cukup” untuk memenuhi hasrat mengumpulkan frame demi frame yang indah…

Secara teknologi ada dua jenis kamera :

  1. Kamera analog

FJCS36Kamera jenis ini masih menggunakan media film sebagai penyimpanan frame yang diambil, jenis kamera ini sudah mulai banyak ditinggalkan karena biaya yang relatif mahal untuk perawatan serta operasional nya. Tetapi masih ada beberapa die hard yang masih memakai kamera tipe ini karena memang ada beberapa tehnik yang cuma bisa dilakukan dengan kamera jenis ini.

2. Kamera digital.

Kamera jenis ini merupakan main stream sekarang. Hampir 90% dari kamera yang kita lihat saat ini adalah kamera digital. Kamera tipe ini menggunakan media penyimpanan digital untuk penyimpanan frame biasanya berupa memory card, compact flash, atau bahkan harddisk. Biaya operasional kamera ini paling murah karena hasil frame dapat disimpan dalam media digital yang tidak memakan banyak tempat dan perawatan minimal.

Ada beberapa jenis kamera digital yang dapat dipilih saat ini antara lain :

  • Digital pocket point and shot

071809_0153_Tutorialfot2.jpgJenis kamera digital ini merupakan jenis yang paling sederhana sesuai namanya kamera ini dapat digunakan sesederhana point & shot tidak ada penyetelan tingkat lanjut yang aneh” yang dapat membingungkan user-nya… umumnya digunakan oleh pemula ataupun sekedar untuk mengambil foto” biasa. Walaupun saat ini sudah mulai banyak kamera point & shot yangdilengkapi fitur beraneka ragam tetapi jenis kamera ini masih kurang cukup untuk mendapatkan foto” kreatif yang memerlukan teknik” tertentu.
Pro : Kompak, Sederhana

Kontra : Spesifikasi cenderung rendah

  • Digital Prosumer

071809_0153_Tutorialfot3.jpg Jenis yang satu ini satu tingkat lebih tinggi daripada kamera point & shot biasa. Biasanya dilengkapi dengan sensor lebih baik serta spesifikasi lain yang lebih tinggi. Tidak jarang juga kamera jenis ini dilengkapi dengan focal length (zoom) yang cukup tinggi. Memiliki lebih banyak setting yang dapat membantu pengambilan foto” kreatif tapi juga masih dilengkapi berbagai macam fitur” yang dapat membantu pengguna pemula untuk mendapatkan foto yang lebih baik. Perlu diingat kamera tipe ini umumnya menggunakan fixed lens sehingga pengguna dibatasi dengan lensa tertentu.

Pro : Cocok untuk entry fotografer

Kontra : Cenderung lebih besar dan berat dibanding kamera point & shot

  • DSLR (Digital Single Lens Reflect)

071809_0153_Tutorialfot4.jpgJenis ini yang biasa digunakan oleh para fotografer baik pemula sampai profesional. Menggunakan interchangeable lens sehingga sebuah body DSLR dapat diganti” dengan berbagai jenis kamera yang berbeda” tipe. Tipe ini masih memiliki beberapa jenis lagi.

# Sensor Crop Factor

Menggunakan sensor yang lebih kecil dari film 35mm. tergantung kerapatan pixelnya sensor ini sudah lumayan bagus untuk sebuah DSLR serta memiliki keuntungan dalam pemotretan tele karena crop factornya misal dengan menggunakan lensa berfocal length 200mm pada body DSLR yang memiliki crop factor 1.5x maka kita dapat mendapatkan focal length maximum hingga 300mm.

# Sensor Full Frame

Menggunakan ukuran sensor yang sama dengan film 35mm biasanya diikuti dengan kemampuan sensor yang tinggi sehingga dapat menghasilkan kualitas foto yang tinggi.

#Medium Format

Memiliki sensor yang lebih besar daripada film 35mm kamera tipe ini biasanya digunakan untuk keperluan” khusus yang mewajibkan hasil cetak dalam ukuran yang teramat sangat besar.

Pro : Interchangeable lens, Accesoris yang berlimpah, kualitas foto yang tinggi

Kontra : Harga cenderung lebih mahal, Operasi yang cenderung lebih rumit

  • Kamera SLD(Single Lens Direct ?)/FT(Four Third)/MFT(Micro Four Third)

071809_0153_Tutorialfot5.jpgIni merupakan jenis kamera yang terbaru. Menyerupai DSLR dengan interchangeable lens kamera ini memiliki mekanisme yang berbeda dengan DSLR, lebih ringan dan kecil dibandingkan DLSR namun memiliki kualitas foto yang hampir setara dengan DSLR menempatkan kamera ini sebagai generasi masa depan dari kamera.

Pro : Kualitas DSLR ukuran pocket point & shot

Kontra : Harga yang masih cukup tinggi.

Sekarang tinggal memilih jenis kamera yang sesuai dengan kebutuhan anda dan tentunya dengan budget anda.

Artikel ini dibuat sepenuhnya berdasarkan pengetahuan saya serta beberapa riset kecil jadi tutorial ini benar” newbie. Komentar anda akan sangat membangun saya untuk membuat tutorial yang lebih baik lagi.

Advertisements

13 thoughts on “Tutorial fotografi newbie part 1 Pilih kamera mu !

  1. Boss.. itu istilah2nya masih bikin bingung deh..apalagi newbie kek aq gini, gak ngerti sma skali..tapi over all cukup membantu koq walopun bacanya kudu pake ngerut2in dahi… 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s